Jumat, 23 November 2012

Jenis - jenis Strategi Sepak Bola

STRATEGI SEPAK BOLA


Dalam bermain sepak bola, ada beberapa faktor yang berpengaruh. Salah satunya strategi atau formasi tim itu sendiri. Dalam kesempatan ini, saya akan membagikan beberapa macam strategi yang biasa dipakai oleh tim - tim sepak bola.


  • Formasi 4-5-1 ( Semi Defense )  
Formasi ini biasa juga desebut Formasi Semi Defense dikarenakan sedikit mengandlkan teknik bermain bertahan. namun, formasi ini juga tidak bisa dibilang formasi bertahan maupun menyerang. Formasi ini dianggap manjur untuk tim - tim yang memiliki pemain tengah dan belakang yang sempurna. seperti contoh pengguna formasi ini ialah Real Madrid, Germany, dsb. 


  • Formasi 5-4-1 ( Defense Maximal )
Formasi ini dikenal sangat baik dalam pertahanan dikarenakan jumlah pemain belakangnya sampai 5 orang. Formasi ini juga mengandalkan serangan balik & tendangan spekulasi serta hanya mengandalkan target man dan striker tunggal didepan sebagai algojo. Biasanya formasi ini digunakan oleh tim yang akan berlawanan dengan tim yang memiliki kualitas yang lebih tinggi dibanding mereka.


  • Formasi 4-4-2 ( Classic formation / Universal )
Mengapa saya sebut universal dan klsik, karena formasi ini sudah sangat populer sejak lama sekitar tahun 90-an. namu sekarang mulai berkurang dikarenakan kurang efektifnya dan mudah dibaca alur permainannya serta biasanya 2 striker didepan sering berebutan bola.




  • Formasi 4-4-2 B ( Shadow Striker )
Formasi ini hampir sama dengan formasi 4-4-2 diatas, namun formsi ini lebih efektif dari formasi 4-4-2, mengapa? dikarenakan adanya perantara antara striker tunggal dengan pemain tengah, yaitu Hole Striker / Shadow Striker. Shadow Striker ( SS ) juga berfungsi sebagai pengecoh pemain lawan serta pembongkar pertahanan lawan dan pemberi umpan pada Striker Tunggal ( ST ) serta perebutan antara kedua striker bisa dikurangi sedikit.


  • Formasi 4-3-3 ( Attacking Maximal )
Formasi ini merupakan formasi yang sangat sempurna untuk menyerang dikarenakan pemain belakang terutama ( CB ) yang  hanya fokus pada pertahanan, 2 ( SB ) yang bisa maju dan mundur untuk membantu penyerangan dan pertahanan, 3 pemain tengah yang bisa membantu juga,  serta 3 Striker ( Ditengah sebagai CF, dan sisanya diberi kebebasan untuk memberi umpan pada CF, membongkar pertahanan, mencetak gol, dan menjadi winger.


Sekian Dan Terima Kasih Atas Perhatiannya
Sumber : Blog tetangga, Dokumentasi pribadi, nasehat teman.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar